Senin, 09 April 2012

TIPS MUDAH MELAHIRKAN NORMAL

TIPS MUDAH MELAHIRKAN NORMAL Senang sekali akhirnya punya waktu untuk menulis pengalaman pribadiku tentang indahnya saat mengandung dan menjadi seorang bunda. Oh ya perkenalan dulu, saya adalah bunda Fitri, 4 bulan lalu saya melahirkan putra pertama yang bernama Reyhan Prianto, kebayang kan menjalani proses melahirkan untuk pertama kalinya, sejak awal saya memang menginginkan melahirkan secara normal, untuk itu jauh-jauh hari saya mempersiapkan diri. Berikut tips dari berbagai sumber yang TELAH SAYA TERAPKAN (ada banyak tips tapi dibawah ini yang benar2 saya terapkan) sehingga proses melahirkan yang saya jalani menjadi MUDAH : 1. Perbanyak berdoa Ini efeknya besar lho, pada waktu senggang sambil mengelus-elus perut, saya berdoa, dengan berdoa ini pikiran menjadi tenang sehingga setiap kali cek up tensi saya selalu normal. Banyak yang menyarankan (termasuk bidan dan dokter kandungan USG langganan saya cek up) untuk hypnoterapi dll, tapi saya cukup mediasi dengan berdoa ini pikiran menjadi tenang dan optimis bisa melahirkan normal. Bahkan pada saat proses melahirkan berlangsung berdoa ini bisa memberi saya power yang luar biasa. 2. Positif thinking Yakinlah bahwa anda bisa melahirkan secara normal, pikirkan bahwa dengan melahirkan secara normal anda akan merasakan betapa besarnya pengorbanan seorang bunda. Buat para ayah jangan lupa selalu memberikan dukungan penuh. Nikmatilah masa kehamilan dan pikirkan betapa lucunya bayi yang akan anda lahirkan nanti. 3. Selalu menjaga kesehatan Makan makanan yang bergizi, bila perlu minum susu ibu hamil, jangan lupa sayuran dan buah-buahan, minum vitamin untuk suplemen dari dokter/bidan, istirahat cukup, meskipun semakin besar perut akan semakin susah bagi bunda untuk tidur tapi berusahalah untuk tetap beristirahat, minum air putih yang banyak, jangan malas minum hanya karena capek nanti bolak balik ke KM. 4. Senam hamil Apabila anda tidak dapat mengikuti senam hamil yang biasanya dilakukan di RS, anda tidak perlu cemas, anda bisa download di internet tentang gerakan senam hamil, bahkan ada yang dalam bentuk gambar/video jadi anda bisa melakukannya sendiri di rumah. 5. Latihan pernafasan Ini sangat membantu sekali saat persalinan belangsung. Saya belajar teknik pernafasan ini dari bidan saya. Latihan pernafasan ini saya lakukan ketika memasuki kehamilan usia 8-9 bulan. Berikut cara pernafasannya : Ada banyak jenis pernafasan tapi berikut yang saya terapkan : Pernafasan perut Latihan ini dapat melemaskan dinding perut agar mudah diperiksa oleh dokter/bidan. Tidurlah terlentang dengan satu bantal, kedua lutut dibengkokkan dan dibuka kurang lebih 20 cm. Letakkan kedua telapak tangan di atas perut di sekitar pusat sebagai perangsang. Keluarkan napas dari mulut (tiup) sambil tangan menekan perut ke dalam. Tarik napas dari hidung dengan mulut tertutup, perut mengembang mendorong kedua tangan ke atas. Perhatikan bahwa gerakan pernafasan dilakukan dengan perut (jadi dada tidak ikut kembang kempis). Pernapasan dada Latihan ini berguna untuk mengurangi rasa sakit saat bersalin. Tidur terlentang (seperti pada pernapasan perut), letakkan kedua tangan di dada bagian atas. Keluarkan napas dari mulut (tiup) dengan tangan menekan dada ke arah dalam. Tarik napas dari mulut dengan mulut terbuka, dada mengembang mendorong ke dua tangan ke atas. Latihan pernafasan diatas saya lakukan setiap kali bangun tidur pagi hari dan sebelum tidur malam hari. 6. Sering jalan bahkan bila perlu naik turun tangga Sering-seringlah berjalan-jalan terutama pagi hari saat udara masih segar, jangan malas dan duduk-duduk saja, bahkan dokter/bidan selalu menyarankan untuk naik turun tangga (tapi hati-hati ya bunda). Kegiatan ini bermanfaat membantu janin turun ke jalan lahir. 7. Terapi aroma Mengirup aroma minyak wangi yang anda sukai (klo saya biasanya waktu masa kehamilan suka sekali dengan minyak kayu putih) hal ini bisa mengurangi ketegangan, terutama pada persalinan tahap awal. Dapat juga untuk mengharumkan ruang persalinan karena dapat memberikan efek relaksasi. Jadi ingat waktu persalinan saya sering tarik nafas dan sedikit mencium minyak kayu putih (saya sendiri juga tidak tau kenapa suka dengan minyak kayu putih, bawaan bayi kali hehe) apapun itu yang penting bisa memberi efek relaksasi bagi diri anda sendiri, atau klo anda suka minyak wangi milik suami juga boleh biar tambah semangat mengejan hahaha… Lumayan kaku juga menuangkan pengalaman dalam bentuk tulisan, Semoga bermanfaat, selamat berjuang dan selamat menjadi bunda.

0 komentar:

Posting Komentar